Categories: HOME

Kulkas – Perkembangan Lemari Pendingin Makanan

Kulkas atau lemari pendingin adalah alat rumah tangga yang menggunakan daya listrik dan menerapkan refrigerasi pendingin untuk membantu penyimpanan makanan dan mengawetkan makanan.

Sebelum terciptanya kulkas masyarakat zaman dahulu mengawetkan makanan dengan membukusnya dengan kain yang bersalju. Peradaban seperti Yunani, Romawi, dan Ibrani, menaruh salju dalam lubang dan menutupinya dengan berbagai bahan isolasi. Kemudian saltpeter yang larut dalam air ditemukan untuk menjadikan keadaan pendinginan dan digunakan untuk menjadikan es.

Baca Juga “Tetrapod Teknologi Pemecah Ombak Pengatur Abrasi’

Buah Penelitian oleh William Cullen

Seorang ilmuwan Skotlandia yang bernama William Cullen melaksanakan pengembangan sebuah mesin pendingin sederhana pada tahun 1784. W. Dari hasil penelitiannya bahwa bakteri tak dapat berkembang biak pada media dingin. Teknologi mesin pendingin ini kemudian dikembangkan oleh Jacob Perkins yang berasal dari Amerika Serikat, yang sampai saat ini kita kenal sebagai kulkas.

Perkembangan Pendingin saat ini

Sesudah dari masa ke masa kulkas mengalami perkembangan. Kini kulkas lebih banyak menerapkan bahan freon sebagai media pendinginnya. Freon mempunyai akibat yang tidak bagus bagi lingkungan, karena dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon. Untuk mensiasatinya, muncullah teknologi baru substitusi freon, ialah teknologi Hydro Fluoro Carbon yang lebih ramah lingkungan.

Jenis Jenis Kulkas

Lemari es non-pembeku, jenis ini yang biasa di gunakan di rumah. Memiliki beberapa rak untuk menampung berbagai jenis bahan makanan, seperti sayuran, buah-buahan, daging dan lainya. Lemari es jenis ini biasanya terdiri dari lemari es satu pintu namun di zaman sekarang ada juga yang memiliki dua atau tiga pintu. Di sebut non freezer karena evaporator pada lemari es hanya sepertiga dari besarnya lemari es.

Lemari es pembeku, kulkas jenis ini dapat membekukan es dalam waktu singkat dan hampir semua rak dalam freezer memiliki evaporator. Pada umumnya jenis lemari es freezer untuk usaha, seperti es batu, frozen foods, maupun membuat es aneka rasa.

Lemari es Door Glass Refrigerator, kulkas yang sering berada di toko swalayan maupun di toko penjual minuman. Lemari es ini memiliki pintu dari kaca transparan, sehingga botol minuman terlihat dari luar. Temperatur berkisar antara 9°-15° celcius sehingga tidak akan membekukan minuman yang berada di dalamnya, tapi hanya menyegarkan dan mendinginkan saja.

Admin Juragantekno

Recent Posts

Harley-Davidson Produsen Sepeda Motor Ikonik Dunia

Harley-Davidson, Inc., H-D, atau Harley, adalah produsen sepeda motor Amerika yang didirikan pada tahun 1903… Read More

3 hari ago

Tirai Otomatis Memberi Kemudahan Dengan Tampilan Mewah

Tirai Jendela Otomatis di beberapa rumah mewah atau hotel kita tak jarang kali menemukan aplikasi… Read More

6 hari ago

Kapsul Penyelamat Yang di Gunakan Kapal Selam

Kapal selam ialah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya dipakai untuk tujuan dan… Read More

1 minggu ago

VIVO S9 Gadget dengan Kamera Fokus Cahaya Otomatis

Smartphone Vivo S9 Salah satu fitur paling populer adalah tidak menampilkan lensa kamera apa pun.… Read More

1 minggu ago

Oli Pelumas – Fungsi Pada Bagian Dalam Mesin Motor

Oli pelumas merupakan cairan pelumas yang melumasi bagian dalam mesin sehingga tiap bagian dalam mesin… Read More

2 minggu ago

Tetrapod Teknologi Pemecah Ombak Pengatur Abrasi

Daya gelombang laut atau arus laut yang terus menerus dapat mengakibatkan abrasi. Karenanya, untuk mengantisipasi… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.