Categories: OTOMOTIF

Oli Pelumas – Fungsi Pada Bagian Dalam Mesin Motor

Oli pelumas merupakan cairan pelumas yang melumasi bagian dalam mesin sehingga tiap bagian dalam mesin tak mudah panas dan aus saat saling bergesekan. Untuk sepeda motor pabrikan lama atau sepeda motor dengan ragam 2-tak memilki oli khusus merupakan oli samping. Salah satu bagian motor 2-tak yang seharusnya menjadi perhatian merupakan oli samping. Tanpa oli samping, mesin motor tak bisa bekerja total.

Zaman sekarang kebanyakan orang lebih memilih membeli motor matic banding dengan motor manual. Meskipun metode merawat motor manual cukup gampang. Walaupun stoknya mengalami trend yang menurun dari tahun ke tahun, bukan berarti sebab kwalitas oli samping yang menurun. Tata itupun tidak membuat motor 2-tak redup. Bebrapa rider ataupun kolektor motor-motor 2-tak masih terbilang banyak memburu motor bertipe 2-tak ini. Jadi stok oli samping di bengkel-bengkel malahan masih ada demi menyediakan para pecinta motor 2-tak di Indonesia.

Fungsi Dari Oli Pelumas

Lubricating atau melumasi

Untuk melumasi mesin sehingga meminimalisasi friksi-friksi antar logam (komponen mesin) yang berada di dalam mesin, meredam gerakan mesin menjadi halus. Fungsinya untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen mesin.

Baca Juga “Kulkas – Perkembangan Lemari Pendingin Makanan”

Protecting atau melindungi

Selain melindungi mesin dari pergesekan-pergesekan kasar, oli berfungsi melindungi mesin dari korosi atau karat. Oli pelumas yang menempel pada bagian mesin akan mencegah tanggapan oksidasi pada bagian-bagian mesin.

Cleaning atau membersihkan

Sisa-sisa hasil pembakaran mesin akan menghasilkan kerak. Dan inilah yang akan di bersihkan oleh oli sehingga tidak menumpuk di mesin. Kerak hal yang demikian akan terbuang bersamaan dengan oli saat melaksanakan pergantian.

Cooling atau mendinginkan

Saat mesin berprofesi tentunya akan menjadikan panas, untuk itu fungsi oli malah dapat membantu meresap dan mendinginkan suhu mesin. Oli yang mengalir pada permukaan bagian akan membawa panas dimana berikutnya panas akan dibuang bersama udara yang mengalir pada ketika sepeda motor dikendarai.

Mengingat pentingnya pelumas atau oli pada mesin, karenanya keberadaannya sepatutnya selalu dilihat termasuk penggantian secara rutin dan terencana . Terlalu acap kali telat mengganti oli akan menyebabkan penurunan kinerja pada mesin, atau malah dapat berdampak kerusakan, imbuh Ade Rohman.

Kemudian perhatikan juga bahwa jarak penggantian oli pelumas bukan cuma mengacu kepada jarak tempuh atau kilometer saja, tetapi perlu melaksanakan pengecekan, bagus secara kualitas maupun kuantitasnya, setidaknya satu minggu sekali.

Admin Juragantekno

Recent Posts

Harley-Davidson Produsen Sepeda Motor Ikonik Dunia

Harley-Davidson, Inc., H-D, atau Harley, adalah produsen sepeda motor Amerika yang didirikan pada tahun 1903… Read More

3 hari ago

Tirai Otomatis Memberi Kemudahan Dengan Tampilan Mewah

Tirai Jendela Otomatis di beberapa rumah mewah atau hotel kita tak jarang kali menemukan aplikasi… Read More

6 hari ago

Kapsul Penyelamat Yang di Gunakan Kapal Selam

Kapal selam ialah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya dipakai untuk tujuan dan… Read More

1 minggu ago

VIVO S9 Gadget dengan Kamera Fokus Cahaya Otomatis

Smartphone Vivo S9 Salah satu fitur paling populer adalah tidak menampilkan lensa kamera apa pun.… Read More

1 minggu ago

Kulkas – Perkembangan Lemari Pendingin Makanan

Kulkas atau lemari pendingin adalah alat rumah tangga yang menggunakan daya listrik dan menerapkan refrigerasi… Read More

2 minggu ago

Tetrapod Teknologi Pemecah Ombak Pengatur Abrasi

Daya gelombang laut atau arus laut yang terus menerus dapat mengakibatkan abrasi. Karenanya, untuk mengantisipasi… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.