Categories: TEKNOLOGI

Smart Reforse System Alat Pendeteksi Banjir Bandang

Banjir yakni salah satu petaka yang acap kali melanda sebagian kawasan Indonesia. Hal hal yang demikian menjadi dasar atas ide remaja yang bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta Pusat untuk membuat SRS. Smart Reforse System (SRS) merupakan alat yang bekerja mendeteksi kedatangan banjir bandang yang datang secara tiba-tiba.

Cara Kerja Smart Reforse System

Selain itu juga, ketika banjir bandang yang datang dengan volume yang tinggi. Banjir itu pasti akan membawa juga material-material dan akan memisahkan material-material yang terbawa dengan air yang datang. Saat sudah hingga di suatu sungai Smart Reforse System akan berfungsi memisahkan meterial dengan air. Sehingga air yang mengalir itu dapat lantas terfiltrasi difiltrasi yang sudah disediakan.

Sekiranya air sudah terfiltrasi apabila debit air itu masih tinggi akan meraba sensor air dan membuka pintu waduk. Saat pintu waduk sudah di buka, sebagian air akan masuk ke pintu waduk yang sudah terbuka dan sebagiannya lagi mengalir dan via proses filtrasi ke dua. Dalam filtrasi kedua itu, air hal yang demikian akan mengalir ke rumah warga padahal air yang sebelumnya tadi akan mengalir ke sawah-sawah penduduk.

Siswa yang bersekolah di MAN 3 Jakarta Pusat itu mengaku terciptanya Smart Reforse System terinspirasi sebab seringnya mendengar info banjir di Indonesia. Di info sudah acap kali mendengar petaka alam banjir bandang sebab curah hujan yang tinggi. Selain itu, banjir bandang juga tidak dapat terprediksi sebab datangnya tiba-tiba. Bahkan elemen cuaca, banjir bandang juga dapat dari elemen alam dan juga manusia itu sendiri.

Baca Juga “Galaxy A52 Keluaran Terbaru Samsung BerGaya Flagship”

Proses Pembuatan Alat Pendeteksi

Pembuatan alat Smart Reforse System memakan waktu yang tidak demikian itu lama, sekitar 1 minggu. Ya sekitar satu minggu, itupun dengan bergadang dan kerja keras yang memakan waktu. Tapi, dalam waktu satu minggu yang mereka miliki, hal yang paling susah yakni membuat cara conveyor nya. Ia menyuarakan sebab sampah yang ada di sungai itu berbeda-beda jenisnya, ada yang kecil, besar, berat, dan ringan.

Sehingga conveyor sampah hal yang demikian seharusnya menyesuaikan sampah dan alur sungainya sesuai situasi air sungainya.
Sehingga apabila membuat conveyor setiap sungai pasti berbeda-beda. Satu lagi, kita seharusnya memuat conveyor yang kuat, dapat jadi conveyor itu akan terhanyut oleh banjir bandang hal yang demikian.

 

Admin Juragantekno

Recent Posts

Harley-Davidson Produsen Sepeda Motor Ikonik Dunia

Harley-Davidson, Inc., H-D, atau Harley, adalah produsen sepeda motor Amerika yang didirikan pada tahun 1903… Read More

3 hari ago

Tirai Otomatis Memberi Kemudahan Dengan Tampilan Mewah

Tirai Jendela Otomatis di beberapa rumah mewah atau hotel kita tak jarang kali menemukan aplikasi… Read More

6 hari ago

Kapsul Penyelamat Yang di Gunakan Kapal Selam

Kapal selam ialah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya dipakai untuk tujuan dan… Read More

1 minggu ago

VIVO S9 Gadget dengan Kamera Fokus Cahaya Otomatis

Smartphone Vivo S9 Salah satu fitur paling populer adalah tidak menampilkan lensa kamera apa pun.… Read More

1 minggu ago

Oli Pelumas – Fungsi Pada Bagian Dalam Mesin Motor

Oli pelumas merupakan cairan pelumas yang melumasi bagian dalam mesin sehingga tiap bagian dalam mesin… Read More

2 minggu ago

Kulkas – Perkembangan Lemari Pendingin Makanan

Kulkas atau lemari pendingin adalah alat rumah tangga yang menggunakan daya listrik dan menerapkan refrigerasi… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.