Categories: OTOMOTIFTEKNOLOGI

Teknologi Kecanggih Untuk Kendaraan Roda Empat

Setelah membaca Part I dan Part II Teknologi mobil selanjutnya yang berkembang cepat yaitu

Teknologi Hybrid

Prius Prime tampil beda, Ini mungkin sebuah terobosan besar yang susah tertandingi. Padahal ide akan teknologi ini telah ada semenjak permulaan abad 20. Namun secara komersial, kendaraan beroda empat atau mobil hybrid baru bisa bilang berhasil memasuki pasaran pada akhir era 1990-an, dengan Toyota Prius yang menjadi penggerak dan pengguna teknologi ini. Teknologi hybrid menggabungkan dua cara penggerak menjadi satu. Yaitu mesin bakar konvensional di gabungkan dengan motor listrik, dan kemudian bahu membahu menggerakan kendaraan beroda empat agar bekerja sesuai dengan keingan pengendara. Motor konvensional juga bisa di fungsikan untuk mengisi ulang baterai penggerak motor listrik.

Dampak positif yang akhirnya, selain konsumsi bahan bakar dan emisi menurun secara drastis, energi bisa terdongkrak karena keduanya memiliki output energi masing-masing. Yang lebih canggih lagi, kini beberapa kendaraan beroda empat hybrid tersedia juga dalam bentuk plug-in. Sistem ini memungkinkan baterai yang menggerakan motor listrik, diisi dengan mengaplikasikan listrik rumah tangga. Sehingga mesin konvensional lebih jarang lagi bekerja. Tekologi ini bisa disebut juga Teknologi Ramah Lingkungan karna mengurangi emisi dan polusi.

Baca Juga “Teknologi Mobil Masa Depan Yang TerRealisasi – PART II”

Automatic Safety Braking System

Bagi beberapa orang, kecanggihan teknologi ini terasa mengganggu karena kadang menimbulkan reaksi berlebihan. Tapi bagaimanapun, teknologi ini terasa hebat karena cakap membuat selama perjalanan trek lebih aman. Saat kendaraan beroda empat yang mengaplikasikan kendaraan beroda empat ini berjalan perlahan di bawah 30 kpj. Sensornya mendeteksi ada pejalan kaki atau hambatan lainnya, yang tak di sadari oleh pengendara, maka rem akan secara otomatis bekerja. Inilah yang kadang di anggap mengganggu pengendara, karna terjadi secara tiba-tiba. Kecanggihanh ini seharusnya menambah keefesiensian dalam berkendara, bahkan bisa untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Namun untuk pengaplikasiannya perlu beberapa uji coba dan penyempurnaan.

Kami pernah mencoba kecanggihan ini pada Mazda CX-5 di trek ibu kota Jakarta. Akhirnya adalah terasa mengganggu. Tembakan knalpot motor yang telah termodifikasi, bisa membangunkan sensor dan membuat kendaraan beroda empat mengerem. Masalahnya, itu hanya semburan knalpot motor, dan bisa jadi motornya juga telah melaju. Di negara maju yang lalu lintasnya lebih tertib, kami bisa pastikan kecanggihan teknologi ini pasti benar-benar terpakai.

Admin Juragantekno

Recent Posts

Motor Roda Tiga Alat Serbaguna dan Menguntungkan

Otomotif Indonesia memang sudah tidak asing dengan sepeda motor roda tiga. Solusi untuk pengiriman barang… Read More

15 jam ago

Smart Door Lock Kecanggihan Kunci Pengaman Rumah

Perangkat keamanan rumah modern ini terdiri dari berbagai hal, mulai dari kamera keamanan sampai kamera… Read More

2 hari ago

Smart Reforse System Alat Pendeteksi Banjir Bandang

Banjir yakni salah satu petaka yang acap kali melanda sebagian kawasan Indonesia. Hal hal yang… Read More

4 hari ago

Galaxy A52 Keluaran Terbaru Samsung BerGaya Flagship

Terselenggaranya Galaxy Awesome Unpacked pada hari Rabu 17 maret 2021, Samsung legal memberi tahu generasi… Read More

4 hari ago

Teknologi Pertanian Penunjang Kesuksesan Bercocok Tanam Modern

Salah satu unsur yang bisa menunjang kesuksesan dalam bercocok tanam, ialah ketersediaan alat pertanian bagus… Read More

6 hari ago

Filter Air – Jawaban Tekonologi Tekini Dari Air Tercemar

Filter Air, produk penjernih air merupakan alat penyaring air bersih yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran,… Read More

6 hari ago

This website uses cookies.